Pages

Selasa, 27 Agustus 2013

Kenali Lampu LED dan Jenisnya

Lampu LED (Light Emitting Diode) yang kini terkenal sebagai solusi pengganti lampu pijar karena sangat hemat energi dan menghasilkan cahaya yang terang terdiri dari beberapa jenis.

1. Dioda Emiter Cahaya. Sebuah dioda emisi cahaya dapat mengubah arus listrik langsung menjadi cahaya. Dengan mengubah-ubah jenis dan jumlah bahan yang digunakan untuk bidang temu PN. LED dapat dibentuk agar dapat memancarkan cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda-beda. Warna yang biasa dijumpai adalah merah, hijau dan kuning.

2. LED Warna Tunggal. LED warna tunggal adalah komponen yang paling banya dijumpai. Sebuah LED warna tunggal mempunyai bidang temu PN pada satu keping silicon. Sebuah lensa menutupi bidang temu PN tersebut untuk memfokuskan cahaya yang dipancarkan.

3. LED Tiga Warna Tiga Kaki. Satu kaki nya merupakan anoda bersama dari kedua LED. Satu kaki dihubungkan ke katoda LED merah dan kaki lainnya dihubungkan ke katoda LED hijau. Apabila anoda bersamanya dihubungkan ke bumi, maka suatu tegangan pada kaki merah atau hijau akan membuat LED menyala. Apabila satu tegangan diberikan pada kedua katoda dalam waktu yang bersama, maka kedua LED akan menyala bersama-sama. Pencampuran warna merah dan hijau akan menghasilkan warna kuning.

4. LED Tiga Warna Dua Kaki. Pada jenis ini dua bidang temu PN dihubungkan dalam arah yang berlawanan. Warna yang akan dipancarkan LED ditentukan oleh polaritas tegangan pada kedua LED. Suatu sunyal yang dapat mengubah polaritas akan menyebabkan kedua LED menyala dan menghasilkan warna kuning.

5. Led Seven Segmen. Biasanya digunakan untuk menampilkan angka berupa angka 0 sampai 9, angka – angka tersebut dapat ditampilkan dengan mengubah nyala dari 7 segmen yang ada pada led yang disusun.

Led Seven Segmen terdiri dari dua jenis, yaitu common anoda dan common Catoda.

1. Common Catoda berarti seven segmen tersebut terdiri dari led – led dimana Catoda nya (Kutub -) di hubungkan menjadi satu.

2. Common anoda

Led seven segmen tersebut dapat diaktifkan dengan menghubungkan dengan perangkat kontrol seperti mikrokontroler.

Inilah ulasan mengenai jenis lampu LED yang saat ini banyak digunakan.

Produk yang menggunakan lampu LED berupa LED Cree Lenser (Senter LED Cree) dengan konsumsi daya yang minim namun menghasilkan sinar yang terang. Cocok untuk bepergian, berkemah dan aktivitas lainnya.

Terimakasih Telah Memabaca :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar