Lampu lalu lintas secara sederhana dapat
diterangkan sebagai lampu yang berada pada kanan kiri pendekat dari simpang
berupa tiang dengan tiga buah lampu yang berderet dari atas ke bawah dengan
warna merah pada deret paling atas kemudian kuning dan hijau yang paling bawah.
Di Indonesia umumnya lampu merah tidak disertakan tombol untuk pejalan kaki
yang ingin menyebrang, tidak seperti di Negara maju lainnya yang sudah
mempunyai sistem lampu lalu lintas yang sudah tertata dengan baik.
ATCS (Automatic Traffic Light Control System) telah
digunakan pada kota-kota
besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya
untuk mencegah terjadinya kemacetan. Tetapi meningkatnya jumlah kendaran menyebabkan ATCS berfungsi kurang
optimal. Untuk itu dibuat sistem ATCS
yang dapat bekerja menentukan lama penyalaan lampu hijau secara otomatis berdasarkan distribusi kepadatan.
Sistem ini mengontrol
lampu Lalu Lintas otomatis dengan menggunakan kamera berbasis mikrokontroller. Kamera digunakan sebagai pengamat kepadatan
kendaraan pada suatu persimpangan.
Hasil pengamatan diolah PC sehingga diperoleh persentase kepadatan pada tiap-tiap jalur. Mikrokontroller bekerja menyalakan lampu
lalu lintas secara default kontrol yaitu searah dengan arah jarum jam. Jika PC terkoneksi dengan mikrokontroller
maka mikrokontroller
mengirimkan informasi jalur mana yang lampu hijaunya akan menyala.
Kemudian PC mengolah gambar persimpangan dan
menentukan besarnya persentase kepadatan serta lama penyalaan
lampu hijau untuk jalur yang telah ditentukan. Apabila tidak ada koneksi antara PC dan mikrokontroller
maka lama penyalaan lampu hijau
adalah 6 detik. Persentase
kepadatan pada tiap-tiap jalur juga dipengaruhi dari persimpangan sebelumnya yang terhubung pada tiap-tiap
jalur secara simulasi. Sistem ini dapat bekerja menentukan lama penyalaan lampu hijau dengan persentase
keberhasilan sebesar 100%.
Pada umumnya arah perpindahan lampu lalu lintas
dapat diatur sesuai dengan
arah jarum jam (clockwise) atau
berlawanan arah jarum jam
(counter clockwise). Lampu lalu
lintas bekerja secara bergantian pada tiap jalur sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan dengan urutan menyala
lampu hijau, lampu kuning dan lampu
merah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar