Pages

Selasa, 06 Mei 2014

IdeaPaint Pendiri Yang Menemukan Kembali Bola Lampu



Sebuah startup di Cambridge yang dipimpin oleh pendiri IdeaPaint John Goscha, telah meluncurkan bola lampu hemat energi yang mengklaim dapat meniru cahaya hangat dari lampu pijar kuno yang sudah jarang diproduksi awal tahun ini .

Perusahaan Finally Light Bulb mengatakan telah menemukan cara untuk mengurangi konsumsi energi bola lampu tanpa memproduksi remang, rona kebiruan pengganti pijar standar, seperti LED dan neon.

Akhirnya Light Bulb menggunakan kumparan tembaga dan medan magnet di tempat filamen tungsten untuk menghasilkan lampu yang 75 persen lebih efisien dan terakhir 15 kali lebih lama dari lampu pijar sebanyak 60 watt misalnya. Sedangkan penemuan baru ini hanya mengkonsumsi 14,5 watt dan dapat berjalan selama 15.000 jam sebelum pembakaran keluar.

Penggunaan medan magnet untuk menghasilkan cahaya disebut induksi dan umum di lampu komersial besar, tapi akhirnya Perusahaan ini untuk kedepannya akan membuka pasar baru untuk lampu khusus rumah. "Membuat induksi dalam skala kecil adalah sebuah tantangan rekayasa besar" tutur Goscha .

"Butuh waktu tiga tahun, dan $ 19 juta dalam pendanaan, " katanya .

Goscha adalah lulusan startup terbaik yang dikenal sebagai pendiri IdeaPaint, pembuat produk cat populer yang digunkan pada papan tulis (whiteboard). Dia memulai IdeaPaint saat menjadi sarjana di Babson College pada tahun 2002, tetapi sempat vakum pada tahun 2010 dan telah menghabiskan beberapa tahun terakhir untuk bekerja dengan tim ilmuwan, termasuk mantan kepala penelitian di General Electric dan Osram Sylvania, pada perusahaan bola lampu, yang awalnya bernama Lucidity.

Ia mengatakan, mengidentifikasi peluang bisnis dalam industri lampu dengan mencatat bahwa peraturan federal secara bertahap akan memberlakukan standar efisiensi yang lebih besar pada lampu . Beberapa jenis lampu pijar masih diproduksi , tetapi beberapa varietas yang paling populer - seperti lampu 60 watt dan 40 watt yang digunakan di rumah selama beberapa dekade tidak lagi memenuhi persyaratan pemerintah di Cambridge.

Goscha juga mengatakan ia meluncurkan perusahaan tersebut karena ketidakpuasan sendiri dengan penggantian lampu pijar . Beberapa perjalanan ke lorong pencahayaan di Home Depot, di mana ia mendengar keluhan yang sama dari konsumen, dan ternyata hal tersebut tidak dirasakan oleh dirinya sendiri.

"Orang-orang bingung," katanya. "Mereka melihat ini sangat rumit. Karena lampu untuk penerangan lampu rumah yang biasa mereka beli sudah tidak seperti yang dulu lagi. Dan harganya pun lebih mahal tidak sesuai dengan kualitasnya"

Maka dari itu Goscha akhirnya berhasil mendirikan finallybulbs.com yang dihargai $8 untuk 1 buah lampu dengan sistem pembelian pre-order. Bisa dibilang sedikit mahal daripada lampu pijar tradisional. Tapi mereka jauh lebih efisien dan tahan lama, perusahaan mengatakan, bahwa ini merupakan penghematan biaya, setidaknya Anda akan menginvestasi untuk lampu yang tahan lama dibandingkan lampu pijar.

Berikut adalah perbandingan produk dari Finally Bulbs dengan produk lainnya (klik image untuk memperbesar gambar).


1 komentar:

  1. Nice post.
    Memang benar sob, harus ada penemuan2 baru lampu2 hemat energi, apalagi di negri tercinta..ini. Listrik masih sangat sulit bagi saudara2 kita di pelosok2.

    BalasHapus