Pages

Jumat, 28 Februari 2014

Mengenal Rangkaian Lampu Strobo



Rangkaian lampu strobo ini mungkin masih asing di telinga orang awam. Namun tentu anda akan tahu lampu polisi. Yak, lampu strobo ini adalah lampu yang sering digunakan oleh polisi di bagian atap mobil yang dilengkai oleh suara sirine yang nyaring. Dan biasanya pula rangkaian lampu ini sering anda temukan di jalan atau di televisi. Sekarang saatnya anda bisa memiliki lampur strobo ini dengan merangkai sendiri lampu tersebut dan dipasang di kendaraan pribadi anda sendiri.


Kinerja lampu strobo ini hampir sama dengan kerja lampu flip flop. Namun bedanya adalah lampu akan berkedip-kedip yang diselingi dengan suara sirine yang kencang dan keras. Ada lagi bentuk dari rangkaian lampu srobo dimana lampu akan terus menyala, namun penutup yang bertugas memantulkan sinar akan bergerak-gerak mengitari lampu tersebut. Dan biasanya lampu strobo ini sering digunakan di mobil polisi luar negeri khususnya Inggris. Pada rangkaian tersebut, terdapat komponen IC 1a yang akan membuat oscilator dengan gelombang persegi yang tinggi dimana frekuensi tersebut akan disesuaikan oleh komponen VR 1 untuk menghasilkan sinyal yang baik.

Gelombang persegi ini merupakan buffer dari komponen IC 1B yang akan mendorong komponen IC2. Sementara otuput pada komponen Q0 dan atau Q2, lalu Q7 dan atau Q9 akan memberikan pertukaran pulsa yang berganda. Dan untuk membedakan waktu tersebut, komponen C2 dan C3 serta R3 dan R5 akan bekerja bersama dengan memanfaatkan output dari IC 1C dan IC 1F. Dan hal ini akan meningkatkan efek kedipan lampu menjadi lebih sering. Dan sesuaikan komponen VR 1 untuk mendapatkan efek terbaik yang bisa membuat tampilan lampu strobo menjadi lebih terang dan bekerja maksimal.

Rangkaian Lampu strobo ini memang biasanya bukan hanya digunakan untuk mobil polisi saja. Namun untuk beberapa peralatan berat seperti truk container, crane dan beberapa kendaraan lainnya biasanya dilengkapi dengan lampu ini. Dan bodi dari lampu ini memiliki bentuk yang kuat dan kokoh serta ditambahkan kabel untuk menghubungkan ke lighter agar lebih mudah untuk mengoperasionalkannya.

1 komentar: