Pages

Jumat, 22 Maret 2013

Tips Merancang Lampu Penerangan di Ruang Tamu


Sebuah ruang tamu dengan penerangan yang baik sangat penting karena ini adalah tempat di mana anggota keluarga dan teman berkumpul untuk berbincang-bincang dan bersenang-senang bersama. Ruang tamu paling tidak memiliki furnitur yang nyaman dan juga memberi hiburan kepada penghuni rumah. Televisi menjadi benda yang umum ditempatkan di ruang tamu sehingga Anda dapat menghabiskan waktu menonton acara favorit Anda. Tetapi juga bisa menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai dan membaca buku atau majalah.

Jadi, ruang keluarga dapat digunakan dalam berbagai cara tergantung pada kebutuhan Anda. Oleh karena itu, suatu hal yang penting untuk memiliki sistem pencahayaan yang baik untuk memastikan bahwa kegiatan di ruang tamu berjalan dengan lancar dan semua jenis kegiatan mendapatkan cahaya yang cukup. Jadi, Anda saat ini bisa melihat sendiri keadaan ruang tamu Anda, apakah sudah cukup penerangan atau masih kurang? Kami akan memberikan tips yang bisa membantu Anda untuk sistem penerangan ruang tamu :

Apa saja yang Anda lakukan di ruang tamu?

Misalnya jika Anda suka menonton film di ruang tamu, Anda dapat memasang dimmer sehingga Anda dapat meredupkan lampu saat menonton. Waktu penggunaan ruangan juga akan membantu Anda memilih jenis cahaya yang Anda butuhkan.

Buatlah pencahayaan menjadi hiasan.

Selain memancarkan cahaya, penerangan juga bisa menjadi hiasan tambahan untuk rumah Anda. Pilihlah dengan baik. Pastikan penerangan yang Anda pilih sesuai dengan interior dan akan meningkatkan tampilan keseluruhan dari ruang tamu. Ada banyak desain penerangan yang dapat Anda pilih. Bahkan saat ini ada banyak lampu berbagai warna.

Perhatikan ukuran ruang tamu.

Lihatlah di ukuran ruang tamu Anda. Apakah termasuk ruangan kecil atau besar? Jika kecil, Anda tidak akan memerlukan pencahayaan yang terlalu banyak. tapi jika berukuran besar, Anda harus menambahkan beberapa lampu sehingga dapat memberikan pencahayaan yang cukup untuk ruangan. Anda juga dapat menggunakan penerangan yang lebih besar jika Anda memiliki lebih banyak ruang seperti lampu gantung. Tapi ruangan yang kecil akan terlihat lebih baik dengan lampu sorot.

Berikan spotlight.

Jika Anda ingin menghadirkan karya seni tertentu, manfaatkanlah lampu track dan lampu aksen yang akan mendorong perhatian seseorang ke arah karya seni tersebut. Anda dapat melakukan teknik ini untuk memberi fokus pada lukisan dinding, patung, dan lain-lain. Pasti akan menambah aura yang berbeda untuk rumah Anda ketika memberikan fokus pada hal-hal yang berharga bagi Anda.

Buat sebuah tema.

Anda pasti memiliki tema untuk desain interior, Anda juga harus memastikan bahwa pencahayaan ruangan juga tepat untuk tema tersebut. Anda juga harus menyesuaikan dengan warna yang dominan di ruangan. Misal jika Anda memiliki ruang tamu dengan desain modern, maka lampu gantung putih akan terlihat cocok. Dengan demikian, Anda telah menciptakan keseimbangan untuk seluruh area.

Perhatikan arah cahaya.

Setiap fixture pencahayaan memberikan cahaya ke arah yang berbeda. Jika Anda ingin menerangi area gelap tertentu di ruang tamu, Anda dapat menggunakan lampu sorot atau menempatkan sebuah sudut meja dengan kap lampu di atasnya. Anda dapat menggunakan uplighters untuk menyorot langit-langit dekoratif. Ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghidupkan ruang tamu dengan cahaya. Ada tipe pencahayaan dari bawah menuju daerah yang lebih tinggi atau pencahayaan dari langit-langit menuju daerah yang lebih rendah. Anda juga dapat memberikan lampu statis seperti lampu tertutup.

Gunakan cahaya alami di siang hari.

Merancang sistem pencahayaan bukan berarti Anda akan menggunakan pencahayaan buatan sepanjang waktu. Lebih baik menggunakan cahaya alami di siang hari. Buatlah desain tirai yang memungkinkan cahaya masuk ke ruang tamu ketika siang hari. Atau Anda dapat menggunakan tirai tipis atau bahkan tirai transparan. Atau teknik yang umum digunakan yaitu dengan memasang atap kaca di area tertentu.

Tentukan warna cahaya.

Saat ini lampu hadir dalam berbagai warna. Ada lampu halogen yang dapat membuat suasana seolah-olah seperti siang hari yang cukup efektif untuk ruangan yang tidak bisa mendapatkan sinar matahari. Lampu berwarna juga bisa memberikan aura yang hangat ke dalam ruangan. Anda juga dapat menggunakan lampu yang memancarkan cahaya putih agar terlihat lebih alami.

Ciptakan suasana.

Pencahayaan juga dapat mempengaruhi aura lingkungan. Sekarang Anda harus memutuskan jenis suasana yang Anda inginkan. Untuk mengubah suasana yang berbeda, Anda dapat menggunakan lampu yang dapat diredupkan. Atau Anda dapat menambahkan beberapa lampu dinding untuk pencahayaan tingkat rendah yang lembut. Chandelier juga dapat digunakan untuk melakukan teknik ini.

Berilah cahaya pada area tertentu.

Mungkin ada area di rumah Anda yang membutuhkan pencahayaan khusus seperti lorong. Anda dapat menyalurkan ide-ide kreatif dalam merancang pencahayaan di sini. Anda bisa menggunakan sconce dinding atau penutup lampu yang dapat membuatnya terlihat lebih baik. Hal ini juga bisa menjadi hiasan tambahan yang membuatnya terlihat lebih cantik dan tidak membosankan.

Memasang sistem pencahayaan yang baik untuk ruang tamu akan membuatnya terlihat lebih mengundang dan juga bisa menciptakan suasana ruang yang lebih baik. Kita telah membahas beberapa hal yang berbeda yang dapat Anda pertimbangkan dalam memilih lampu pencahayaan. Yang pasti, hal ini akan sangat membantu Anda untuk membuat jenis suasana yang Anda inginkan dan membuat Anda merasa nyaman ketika melakukan kegiatan di ruang tamu. Yang terpenting adalah cahaya yang ada harus tetap sesuai dengan dekorasi ruang tamu yang sudah ada.

1 komentar: