Pages

Minggu, 08 September 2013

Sudah Tahu Perbedaan Lampu LED dan HID

 

Lampu HID

High Intensity Discharge (HID) lampu yang menggantikan filamen bola lampu dengan kapsul gas. Cahaya berasal dari pelepasan busur antara dua elektroda yang berdekatan. Tertutup rapat di dalam kapsul kecil kaca kuarsa tabung. Jumlah cahaya yang dihasilkan lebih besar dari bohlam halogen standar sementara membutuhkan lebih sedikit daya, lampu ini lebih mendekati suhu warna cahaya alami.

Dalam semua lampu
High Intensity Discharge (HID), cahaya yang dihasilkan dengan melewatkan arus melalui uap logam. Elektron bebas bertabrakan dengan atom dalam uap mengetuk elektron ke orbit yang lebih tinggi dari atom. Ketika elektron jatuh kembali ke level sebelumnya, kuantum radiasi dipancarkan. Panjang gelombang radiasi tergantung pada zona energi elektron terganggu dan pada jenis uap logam yang digunakan dalam tabung busur.

Lampu HID menghasilkan 5 persen dari output mereka ketika pertama kali dinyalakan, membutuhkan beberapa detik (biasanya 15-20) untuk mencapai output penuh.Jika kekuatan untuk lampu hilang atau dimatikan, tabung harus dingin sebelum kembali dan cahaya yang dihasilkan. Halcyon HID lampu membutuhkan sekitar 5-10 detik sebelum mereka dapat kembali menyala.



Lampu LED

Light-Emitting Dioda (LED) merupakan sumber cahaya memanfaatkan dioda yang memancarkan cahaya ketika terhubung dalam sebuah rangkaian. Efeknya adalah bentuk electroluminescence mana LED melepaskan sejumlah besar foton luar, LED ditempatkan dalam bola plastik, yang memusatkan sumber cahaya.

Bagian paling penting dari sebuah LED chip semi-konduktor yang terletak di pusat dari sumber cahaya. Chip ini memiliki dua daerah dipisahkan oleh persimpangan. Wilayah p didominasi oleh muatan listrik positif dan daerah n didominasi oleh muatan listrik negatif. Persimpangan bertindak sebagai penghalang untuk aliran elektron antara p dan daerah n. Ketika tegangan yang cukup diterapkan pada semi konduktor-chip, elektron dapat menyeberangi persimpangan ke wilayah p.

Ketika tegangan yang cukup diterapkan pada chip semi-konduktor, elektron dapat bergerak dengan mudah di seluruh persimpangan di mana mereka segera tertarik dengan kekuatan positif di wilayah p. Ketika sebuah elektron bergerak cukup dekat dengan muatan positif di daerah p, dua tuduhan "re-menggabungkan."

Setiap kali sebuah recombines elektron dengan muatan positif, energi potensial listrik diubah menjadi energi elektromagnetik. Untuk setiap rekombinasi negatif dan muatan positif, suatu kuantum energi elektromagnetik dipancarkan dalam bentuk foton cahaya. Foton ini memiliki frekuensi yang ditentukan oleh karakteristik dari bahan semikonduktor (biasanya kombinasi dari unsur-unsur kimia galium, arsen, dan fosfor). LED yang memancarkan warna yang berbeda terbuat dari bahan semikonduktor yang berbeda. Hanya mengatakan, LED kecil "lampu" masuk ke sirkuit listrik. Namun, tidak seperti lampu pijar biasa, mereka tidak memiliki filamen. LED menyala sepenuhnya oleh gerakan elektron dalam bahan semikonduktor, membuat mereka hemat energi dan sangat tangguh selama jangka waktu yang lama.


Keuntungan LED

LED tidak memiliki filamen yang membakar atau merusak, sehingga dapat bertahan lebih lama daripada lampu konvensional. Mengingat bahwa chip semikonduktor sangat kecil menjalankan LED, mereka sangat tahan lama dan cenderung bertahan ribuan jam. Selain itu, LED yang "instan," seperti lampu halogen, sehingga nyaman untuk digunakan dalam aplikasi. Sebaliknya, lampu HID lebih rentan dan adanya pemanasan (15-25 detik) selama pengapian. Namun, lampu HID jauh lebih terang dari konfigurasi LED saat ini. Hal ini karena cahaya samping memancarkan ditemukan dengan HID jauh lebih mudah untuk fokus. Lampu HID masih disukai oleh kebanyakan penyelam yang diberikan intensitas superior dan fokus ketat. Namun, teknologi LED berubah dengan cepat dan dapat diduga bahwa LED pada akhirnya akan melampaui kinerja lampu HID. 

5 komentar:

  1. jadi untuk sekarang lampu hid lah yang paling terang.?

    BalasHapus
  2. kunjungi blog saya:
    http://bikinsendirilampudepanled.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. kalau boleh saya bertanya. Terang mana antara h4 led 100w, h4 hid 100w dan h4 halogen 100w dalam hal menerangi jalan? Karena selama ini saya memakai ori philips halogen 100w kaca bening masih kurang terang melihat lubang dijalan pantura, aspal hitam atau saat hujan.

    BalasHapus